Rabu, 06 November 2013

Gara-Gara Twitter


Rizcha pengen Post CERPEN lagi nih dibaca yah :-)




Gara-Gara Twitter
Oleh       :         Riz Jackoo
@ks_rizcha


Mentari pagi mulai menampakan diri dengan senyum memancarkan cahaya cerahnya dari arah ufuk timur, butiran mutiara embun pagi menetes di dedaunan pohon –pohon ketapang, udara dingin menghembus menusuk kalbu, jam dinding  terus berputar hingga menunjukan tepat pukul 05 : 35 Waktu untuk daerah Banjarmasin dan sekitarnya, menyadari hari sudah pagi Puspa langsung beranjak dari tempat tidurnya, lalu menyambar handuk putih kesayangannya dan langsung menuju kamar mandi.
Gadis manis bernama Puspa ini memang sengaja bangun lebih awal dari hari biasanya karena hari ini akan menjadi hari paling bersejarah serta paling membahagiakan dalam hidupnya, tepat pada senin, tanggal 03 desember 2012 Puspa bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam anggota sanggar sastra khusus teater akan menunjukankan kemampuannya bersandiwara dengan naskah bertajuk “Tragedi Hari Kelulusan akibat Twitter” di depan puluhan ribu pasang mata di atas panggung pentas seni paling bergengsi tahun itu.
Naskah bertajuk “Tragedi Hari Kelulusan Akibat Twitter” tersebut merupakan karangan murni Puspa sendiri dengan Puspa sebagai pemeran utama wanitanya, naskah ini menceritakan tentang sepasang anak muda yang baru duduk di kelas XII menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih selama enam bulan namun akhirnya tepat pada hari kelulusan mereka putus hanya karena salah satu di antara mereka terlalu sibuk dengan sosial media twitternya.
Seusai mandi Puspa langsung bergegas merias wajahnya, setelah merasa wajah mungilnya terlihat sempurna, Puspa langsung meraih naskah yang berada di atas ranjangnya, membaca setiap dialog dengan perlahan dan tersenyum puas. Tapi saat matanya tak sengaja melirik Blackberrynya tergeletak di samping naskah tersebut Puspa langsung termenung dan melamun terbayang kejadian tiga hari lalu
“Aku mau ngomong sama kamu” Ucap Ryan yang tak lain adalah kekasih Puspa sembari menarik tangan Puspa ke arah sebuah taman
“Kenapa sih sayang ?” Tanya Puspa bingung seraya duduk di bangku taman bersama Ryan
“Aku mau kamu batalin niat kamu buat ikut tampil !” Jawab Ryan
“Apa ?, bisa kamu ulangi kalimat kamu tadi ?” Kaget Puspa
“Aku mau kamu batalin niat kamu buat ikut tampil !” Jawab Ryan mengulang kalimatnya lagi
“kamu becanda kan ?, mana mungkin aku batalin niat aku buat ikut tampil, secara aku pemeran utama wanitanya, dan aku...........” Sahut Puspa menggantung
“Justru karena kamu pemeran utama wanitanya itu  yang bikin aku gak setuju kamu ikut tampil” Potong Ryan cepat
“Sayang ini hanyalah sandiwara saja, kamu jangan khawatir. Please izinin aku ikut tampil, karena itu adalah mimpi aku selama ini” Puspa memohon
“Oke, kamu aku izinin tapi ingat hanya sebatas sandiwara saja” Ryan akhirnya luluh.
Tiba-tiba saja lamunan dan bayangan Puspa berakhir karena ia ingat ia harus segera menuju tempat pentas seni. Tidak lama kemudian Puspapun sampai di depan semua orang yang akan terlibat dalam acara pentas seni tersebut. Puspa langsung berganti kostum yang sesuai dengan tema adegan yang akan dia tampilkan, lalu Puspa bergegas naik ke atas panggung dan melakoni setiap adegan dengan penuh penghayatan.
Pentas seni kini telah selesai, dengan sandiwaranya yang luar biasa Puspapun berhasil memukau semua tamu undangan yang menonton. Tepuk tangan riuh menjadi bayaran tak ternilai harganya bagi Puspa
“Selamat yah Puspa pementasan Lo tadi sukses banget SEMPURNA” Ucap Angell pada saat Puspa baru saja turun panggung
“Iya makasih, jujur Gue ngerasa puas, bahagia plus bangga banget bisa tampil dengan sempurna, itu tandanya usaha Gue selama ini gak sia-sia” Jawab puspa tersenyum lebar
“Puspa akting Lo tadi keren banget” Sanjung Whendry yang merupakan kakak dari Ryan
“Pastinya dong, kan selain jadi pemeran utama Puspa juga yang bikin naskahnya” Sambung Angell
“Kalian nyanjungnya terlalu berlebihan deh” Jawab Puspa tersipu malu
“Lho kan kita ngomong kenyataan” Sanggah Whendry
“Iya iya Gue tau ko kalian kan pasangan TERSERASI tahun 2012” Goda Puspa dengan sengaja menekankan kata terserasi
“Puspa Lo apa’an sih kan Gue jadi malu” Sungut Angell
“Oh jadi kamu malu punya pacar kaya aku ?” Ketus Whendry
“Gak dong sayang, jangan ngambek gitu dong jadi jelek loh” Bujuk Angell
“Jelek-jekek gini kan kamu juga suka” Goda Whendry mencolek pelan dagu panjang kekasihnya itu sembari tertawa lebar
“Iiiieeeehhhhh sayang kamu apa’an sih, sakit tau” Gumam Angell
“Udah-udah kalian ini bikin Gue iri aja tau. Oh iya When ngomong-ngomong Adiknya Lo alias Ryannya aku mana yah ?” Tanya Puspa
“Oh iya Gue hampir lupa, tadi Ryan titip pesan sama Gue katanya Lo disuruh nemuin dia di belakang sekolah abis pentas seni, katanya sih ada hal penting banget yang mau dibicarain” Jawab Whendry menepuk jidatnya sendiri
“Kenapa Lo gak bilang dari tadi ?” Ketus Puspa menepuk pelan pundak Whendry
“Ya udah Gue nyusul Ryannya aku dulu yah, kan Gue juga mau romantis-romantisan kaya kalian” Sambung Puspa sengaja menyindir Whendry dan Angell yang memang terlihat romantis sekali. Seraya berlari menuju ke arah belakang sekolahnya.
Sementara itu Ryan sudah lama duduk di sebuah bangku yang berada tepat di belakang sekolah Puspa
“Sayang ada hal penting apa yang mau kamu bicarain ?, pasti mau ngucapin selamat atas keberhasilan aku diatas panggung tadi yah ?” tanya Puspa dengan percaya diri yang tinggi
“Siapa yang mau ngucapin selamat ?” sahut Ryan dingin
“Alah basi trik ini emang biasa di pake orang untuk kasih kejutan buat pacarnya, tapi Gue harus ikuti permainnya. Gue pura-pura gak tau aja deh” Batin Puspa
“Maksud kamu apa sayang ?, apa kamu gak suka sama penampilan aku tadi ?, apa akting aku kurang bagus ?, apa penghayatan aku kurang ?, atau jangan-jangan malah karena akting dan penghayatan aku terlalu memukau jadi kamu sampe cemburu berat ?” Pertanyaan bertubi-tubi ini sengaja dilontarkan oleh Puspa
“Bukan juga, tapi aku mau kita PUTUS” Sahut Ryan masih dingin
“Kamu serius ?” Tanya Puspa pura-pura kaget padahal dia berharap kekasihnya yang di hadapannya sekarang hanya bercanda untuk memberinya sebuah kejutan
“Ya tentu aku serius, aku ngerasa kamu udah berubah gak kaya dulu lagi. Kamu udah gak cantik karena kamu gak pernah dandan lagi, lagian aku juga ngerasa antara kita udah tidak ada kecocokan lagi. Aku yakin kamu akan dapetin yang lebih baik dari aku, dan sebenarnya aku udah punya pengganti kamu yang jauh lebih baik dan lebih cantik dari kamu. Yang aku kenal dari media sosial Twitter” Jawab Ryan menatap tajam mata Puspa
“Hahaha aduh sayang kamu sandiwaranya bagus banget sih, ngalahin anak-anak teater loh hahaha” Tawa Puspa tak percaya sembari menggenggam erat tangan Ryan
“Siapa yang sandiwara, aku benar-benar serius, makasih atas kebahagiaan dan ke setiaan yang udah kamu kasih buat aku selama ini. Dan ma’af aku harus pergi sekarang sama pacar baru aku, dia udah nunggu di depan gerbang sekolah” Potong Ryan melepaskan genggaman tangan Puspa dan dengan cepat berlalu dari hadapan Puspa.
Mendengar kata-kata yang baru saja diucapkan oleh Ryan, hati Puspa terasa sangat sakit bagaikan diiris-iris samurai tajam. Air matanya sudah tak dapat dibendung lagi, tak disangka tepat pada hari yang dianggapnya hari paling bersejarah serta paling membahagiakan untuknya malah Puspa harus menerima kenyataan kalau kekasih tercintanya meminta putus dengannya.
“Enggak............ enggak........... enggak ini pasti mimpi kan ?, ini pasti mimpi, ya ampun ini nyata. Tapi kenapa kenyataan ini hampir sama dengan naskah cerita yang aku buat, kenapa ?” Batin Puspa berucap, air matanya terus saja mengalir dengan deras di pipinya sehingga make-up yang dipakainya perlahan luntur.
Tak terasa hampir setengah jam sudah Puspa menangisi kenyataan hidup yang di hadapinya saat ini dalam dunia percintaan, matanyapun mulai sedikit terlihat bengkak, akhirnya Puspapun memutuskan untuk pulang walau dengan membawa luka yang teramat sakit rasanya. Saat melintasi ruang tamu tanpa sengaja matanya menatap layar televisi yang sedang menyala dan menayangkan sebuah acara tentang berita dunia hiburan tanah air, kebetulan berita hari itu tentang pejabat daerah menikah langsung cerai hanya dalam waktu empat hari saja
“Alah pejabat zaman sekarang hobinya kawin cerai doang”  Komen Puspa
“Apalagi tuh si Diky Candra mantan wakil bupati itu sok cari-cari sensasi banget kerjanya, iyuh gak banget deh” Sinis Puspa
“Kenapa sih sayang ?” Tanya Ibunya Puspa
“Itu mah pejabat daerah yang hobinya kawin cerai” Sahut Puspa
“Udah gak usah dipikirin ! sana kamu makan !, eh tunggu kenapa sih mata kamu sembab kamu habis nangis ?, kenapa ?, bukannya Pentas Seni kamu berhasil nak ?” Tanya sang ibu
“Iya Pentas seni tadi berhasil koq, aduh mah aku laper nih, aku makan dulu yah” Jawab Puspa sengaja tak mau menjawab pertanyaan ibunya tentang keadaan matanya langsung bergegas menuju dapur.
Setelah selesai makan Puspa kembali ke ruang tengah untuk menonton acara komedi favoritnya yang tak lain adalah Opera Van Java, tapi baru saja Puspa menonton satu segmen Puspa langsung mematikan televisinya
“Ko tumben sih sayang kamu gak nonton acara komedi favorit kamu ?” Tanya ayahnya
“Males pah bintang tamunya pelawak gak bermutu” Jawab Puspa santai
“Emang siapa bintang tamunya ?” Tanya Sang ayah
“Itu si mantan wakil Bupati Garut Diky Candra” Sahut Puspa
“Wah seru tuh bakal ngebahas dan nyindir bupati yang kawin cuman empat hari itu” Ucap sang ayah
“Seru apaan pah?, orang dia itu kalo ngelawak gak bermutu banget lawakannya, bikin males nontonnya” Hina Puspa
“Puspa gak boleh kaya gitu, ntar kualat loh” Tegur sang ayah
“Tau ah Puspa ngantuk pengen tidur aja” Sahut Puspa menuju kamarnya.
Sang ayah hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya melihat sikap dan kata-kata anak satu-satunya ini, sedangkan Puspa terus berjalan menuju kamarnya. Sesampainya di kamar Puspa langsung membanting tubuhnya di atas ranjang.
Merasa suntuk dan tidak bisa tidur Puspa memainkan Blackberry putihnya, membuka album-album fotonya, saat itu terlihatlah foto-foto romantisnya bersama Ryan
“Arrrrrgggggggghhhhhhhhh ! ! !” Teriak Puspa nyaring membanting blackberrynya ke atas kasur, kembali lagi Puspa meneteskan air mata teringat kata-kata terakhir Ryan waktu meminta putus dengannya, ditambah lagi dengan account twitter pribadi Ryan yang mengunggah foto-foto mesranya dengan kekasih barunya yang tidak di kenal Puspa, tapi seketika itu juga rasa sakit itu hilang karena Puspa kini mulai terlelap dalam mimpi indahnya.
Pagipun kembali tiba lagi, Puspa sekarang sudah berada di sekolahnya. Rasa sakit hatinya kembali muncul saat melihat Ryan sang mantan kekasihnya bergandengan mesra dengan seorang wanita yang di duga sebagai kekasih barunya yang tak lain adalah siswi baru di sekolah Puspa
“Puspa Lo kenapa ?” Tanya Angell
“Gue putus sama Ryan hiks hiks hiks .........” Tangis Puspa tumpah ruah di bahu Angell
“Yang sabar yah Puspa, eh tapi coba deh Lo liat twettnya @DikyCandra_ twett-twettnya bikin kita termotivasi dalam segala hal loh, terus Lo bisa juga Curhat” Saran Angell
“Emang itu Account twitternya siapa ?” Tanya Puspa
“Diky Candra Negara” Jawab Angell Santai
“Iyuh males banget Gue” Sinis Puspa
“Tapi gak ada salahnya kan dicoba, buang deh gengsi Lo. Dari pada Lo galau mulu mikirin Ryan sama pacarnya yang di twitter itu. Gue sih cuman kasih sarah, oh iya bel masuk tadi udah bunyi Gue harus masuk kelas” Ucap Angell meninggalkan Puspa menuju kelasnya.
Waktu terus berputar, sang dewi malampun menampakan dirinya dengan cahaya terangnya. Puspa teringat akan saran Angell, karena penasaran Puspa membuka account twitter pribadinya lalu mencari nama @DikyCandra_. Setelah didapatkannya dia beraniakan untuk mem-follow account twitter itu. Lalu di mentionsnya hanya sekedar mengucapkan selamat malam.
Setelah merasa mentionsnya dibalas oleh pemilik account bernama @DikyCandra_ tanpa ragu Puspa menceritakan semua masalah yang dihadapinya bersama mantan kekasihnya melalui media twitter pada pemilik acoount twitter bernama @DikyCandra_.
Setelah menerima petuah-petuah positif  menginspiratif dan mendapat follback dari orang bernama Diky Candra Negara alias si pemilik account twitter bernama @DikyCandra_  yang dulunya ia benci, kini Puspa sudah bisa menghadapi masalah-masalah hidup dan percintaan secara lebih dewasa. Rasa bencinya pada seorang Diky Candra Negara kinipun berangsur-angsur berkurang bahkan berubah jadi rasa suka, dengan kata lain kini Puspa lebih semangat dalam menjalani hidupnya karena sudah bisa melupakan mantan kekasihnya, karirnyapun semakin sukses saja hingga sekarang Puspa menjadi Selebriti ibukota yang cukup populer tahun itu. Bahkan kini Puspa mengidolakan Diky Candra Negara yang disebutnya dengan sebutan ABAH hanya karena sosial media Twitter.

~*~*~*~*~ THE END ~*~*~*~*~

jangan Lupa Comment yah :-)
dan jangan lupa follow twitter Rizcha yah @ks_rizcha

#Thanks Before :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar